Rafael Struick & Ivar Jenner

Kabaremka
| Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong memanggil banyak pemain klub Liga 1 dan yang berkompetisi di luar negeri untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

STY memanggil 27 pemain untuk kualifikasi Piala Asia U-23. Dari 27 nama yang sudah dirilis, penggawa Bekasi FC Nuri Agus Wibowo menjadi satu-satunya pemain Liga 2 yang dipanggil.

Timnas U-23 sendiri bergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Cina Taipei. Laga kualifikasi Grup K akan diadakan di Stadion Manahan Solo pada 6 hingga 12 September.

Kali ini pemanggilan pemain oleh Coach STY diperkirakan tidak akan mendapat penolakan dari klub Liga 1 sebagaimana terjadi dia ajang sebelumnya, AFF Championship 2023. Sebab, jadwal kualifikasi ini diadakan bersamaan dengan kalender FIFA yang berlangsung antara 6 dan 12 September.

Baca Juga : Lakukan 5 Olahraga Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Persija Jakarta sebagai penyumbang terbanyak dengan 7 pemain yang dipanggil. Sedangkan lima pemain yang merumput di luar negeri untuk memperkuat timnas U-23 adalah gelandang KMSK Deinze Marselino Ferdinan, Elkan Baggott (Ipswich Town), Ivar Jenner (FC Utrecht), Rafael Struick (Ado Den Haag), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy).

Kehadiran banyak bintang muda Liga 1 dan lima abroad ini  membuat Coach STY menjadi lebih optimis jika tim besutannya bisa menjuarai Grup K yang berarti akan lolos ke putaran final AFC U23 pada tahun depan di Qatar.

“Secara teori, peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar. Apalagi kami bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu,” ujar Tae-yong dilansir laman resmi PSSI.

Kedepannya, Skuad Garuda Muda juga membidik sasaran yang lebih tinggi, yaitu tampil di Olimpiade Paris 2024. Namun untuk mewujudkan hal itu, timnas U-23 harus bisa menempati peringkat tiga di Piala Asia U-23.

Berikut daftar 27 pemain timnas U-23:

Rafael William Struick (Ado Den Haag), Arkhan Fikri (Arema FC), Muhammad Dzaky Asraf (PSM Makassar), Nuri Agus Wibowo (Bekasi FC) Titan Agung (Bhayangkara FC), Komang Teguh (Borneo FC), Fajar Fathur Rachman (Borneo FC), Daffa Fasya (Borneo FC), Taufany Muslihuddin (Borneo FC), Ivar Jenner (FC Utrecht), Elkan Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Beckham Putra (Persib Bandung), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Doni Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Muhammad Rayhan Hannan (Persija Jakarta), Ilham Rio Fahmi (Persija Jakarta), Akbar Arjunsyah (Persija Jakarta), Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Victor Dethan (PSM Makassar), Hokky Caraka (PSS Sleman), Pratama Arhan (Tokyo Verdy).